Anime Baru Spring 2024

Rekomendasi Anime Spring 2024

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Kali ini saya ingin memberikan rekomendasi anime yang bakal tayang di musim depan. Rasanya sepe...

Urutan Fate Series



Fate Series adalah karya TYPE-MOON yang umumnya mengisahkan tentang perebutan Cawan Suci yang disebut Holy Grail War (Perang Cawan Suci), perang ini melibatkan para master yang dapat memanggil seorang Servant yang berasal dari masa. Fate mulai terkenal setelah visual novel berjudul Fate/stay night dan kemudian diikuti oleh berbagai judul serupa dengan awalan Fate, sehingga membuat cerita tentang Perang Cawan Suci ini dikenal luas oleh semua orang. Bukan hanya visual novel, Fate hingga kini telah diadaptasi menjadi game, manga, anime bahkan film.

Karena saking banyaknya judul dengan awalan Fate, membuat para penggemar anime menjadi bingung dengan urutan yang harus ditonton terlebih dulu. Oleh sebab itu, saya membuat sebuah artikel mengenai urutan dan rekomendasi urutan Fate Series untuk ditonton.
Berdasarkan Tanggal Rilis
Untuk menonton anime Fate Seris sesuai tanggal rilisnya, silahkan lihat daftar urutan anime fate series berdasarkan tanggal rilis berikut.

  • Fate/stay night (7 Jan - 17 Jun 2006)
  • Fate/stay night Movie: Unlimited Blade Works (23 Jan 2010 / Movie)
  • Fate/Zero (2 Okt - 25 Des 2011)
  • Fate/Prototype (31 Des 2011 / OVA)
  • Fate/Zero 2nd Season (8 Apr - 24 Jun 2012)
  • Fate/kaleid liner PrismaIllya (13 Jul - 14 Sep 2013)
  • Fate/kaleid liner PrismaIllya 2wei! (10 Jul - 11 Sep 2015)
  • Fate/stay night: Unlimited Blade Works (12 Okt - 28 Des 2014)
  • Fate/stay night: Unlimited Blade Works 2nd Season (5 Apr - 28 Jun 2015)
  • Fate/kaleid liner PrismaIllya 2wei Herz! (25 Jul - 26 Sep 2015)
  • Fate/kaleid liner PrismaIllya 3rei!! (6 Jul - 21 Sep 2016)
  • Fate/Grand Order: First Order (31 Des 2016 / Movie)
  • Fate/Apocrypha (2 Jul 2017 - 31 Des 2017)
  • Fate/kaleid liner PrismaIllya Movie: Sekka no Chikai (26 Agu 2017 / Movie)
  • Fate/stay night Movie: Heaven's Feel - I. Presage Flower (14 Okt 2017 / Movie)
  • Fate/Grand Order: Moonlight/Lostroom (31 Des 2017 / Special)
  • Fate/Extra: Last Encore (28 Jan 2018 – 1 Apr 2018)
  • Fate/Extra: Last Encore - Illustrias Tendousetsu (29 Jul 2018 / 3 Eps / TV)
  • Fate/stay night Movie: Heaven's Feel - II. Lost Butterfly (12 Jan 2019 / Movie)
  • Fate/Grand Order: Zettai Majuu Sensen Babylonia - Initium Iter (4 Agu 2019 / Special / Eps 0)
  • Fate/Grand Order: Zettai Majuu Sensen Babylonia (5 Okt 2019 – 21 Mar 2020 / Movie)
  • Fate/stay night Movie: Heaven's Feel – III. Spring Song (15 Agu 2020 / Movie)
  • Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot 1 - Wandering; Agateram (5 Des 2020 / Movie)
  • Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot 2 - Paladin; Agateram (15 Mei 2021 / Movie)
  • Fate/Grand Order: Shuukyoku Tokuiten - Kani Jikan Shinden Solomon (30 Jul 2021 / Movie)


Memang jika kalian ingin menonton semua seri Fate dari awal sesuai tanggal rilis cukup membingungkan karena ada beberapa spin-off yang tayang di tahun bersamaan bahkan ada beberapa yang belum tayang. Jika kalian bersikeras ingin menonton Fate Series berdasarkan urutan rilis dan tidak ingin bingung, saya sarankan untuk menonton dengan urutan berikut :
  1. Fate/Zero (2 Season) / 25 Episode
  2. Fate/stay night: UBW (2 Season) / 26 Episode (+ eps 0) 
Itu saja sudah cukup, karena seri lainnya berbeda ceritanya. Fate/stay night sendiri bisa dibilang sebagai inti dari Fate Series itu sendiri, sehingga memiliki beberapa versi dalam penceritaannya. Seperti Fate/stay night (2006) (Rute Saber), Fate/stay night: Unlimited Blade Works (Rute Rin), Fate/stay night Movie: Heaven's Feel (Rute Sakura) yang memiliki latar cerita yang hampir sama yaitu Perang Cawan Suci Kelima yang merupakan kelanjutan dari Fate Zero, mungkin yang membedakan hanya main heroine (karakter utama perempuan) nya saja.  

Selain itu ada beberapa alternatif cerita yang tidak memiliki keterkaitan dengan cerita Fate Series lain seperti Fate/kaleid liner PrismaIllya (4 season + 1 movie) dan Fate/Grand Order yang memiliki 7 Singularity + Final Singularity. Yang sudah mendapatkan adaptasi anime antara lain:

  • Singularity 1: 1 Movie yang berjudul Fate/Grand Order: First Order.
  • Singularity 2-5: Belum diadaptasi
  • Singularity 6: 2 Movie yang berjudul Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot 1 - Wandering; Agateram dan Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot 2 - Paladin; Agateram.
  • Singularity 7:  21 Eps Series yang berjudul Fate/Grand Order: Zettai Majuu Sensen Babylonia atau judul inggrisnya Fate/Grand Order: Absolute Demonic Front – Babylonia.
  • Final Singularity: 1 Movie yang berjudul Fate/Grand Order: Shuukyoku Tokuiten - Kani Jikan Shinden Solomon atau judul inggrisnya Fate/Grand Order: Final Singularity - The Grand Temple of Time: Solomon.

Dan dua episode spesial yaitu Fate/Grand Order: Moonlight/Lostroom dan Fate/Grand Order: Himuro no Tenchi - 7-nin no Saikyou Ijin-hen.

Khusus Fate Grand Order untuk lebih jelasnya bisa dengan memainkan game android/ mobilenya langsung.
Berdasarkan Kronologi Cerita
Sedangkan jika kalian ingin menonton sesuai kronologi ceritanya bisa lihat gambar berikut.

Jika kalian bigung, saya akan menjelaskannya satu-satu. Kronologi dari Fate Series ini dimulai pada Perang Cawan Suci Pertama yang masih belum mendapatkan adaptasi apa pun baik berupa manga, novel, maupun anime. Kemudian dilanjut dengan Perang Cawan Suci Kedua yang sama-sama belum mendapatkan adaptasi apa pun, perang kedua dan pertama ini berselang 60 tahun.

Selanjutnya, Perang Cawan Suci Ketiga, pada perang ini masih sama belum mendapatkan adaptasi resmi namun beberapa anime menyebutkan perang ketiga ini. Perang ketiga ini terdapat 2 versi epilog atau akhir cerita. Kedua versi itu melibatkan keluarga Einzbern, versi pertama dimana keluarga Einzbern memanggil servant kelas Ruler dengan identitas Amakusa Shirou Tokisada yang kemudian akan dilanjut ke Perang Cawan Suci Besar yang ada pada Fate/Apocrypha. Versi kedua, keluarga Einzbern memangil servant kelas Avenger dengan identitas Angra Mainyu yang selalu disebut-sebut pada Fate/Zero dan nantinya versi ini akan berlanjut ke Fate/Zero.

Kemudian, Perang Cawan Suci Keempat telah diadaptasi menjadi novel dan anime berjudul Fate/Zero, Pada perang keempat ini berfokus kepada Emiya Kiritsugu yang merupakan tokoh utama sekaligus ayah angkat dari Emiya Shirou yang nantinya akan menjadi penerusnya di anime selanjutnya.

Selain Perang Cawan Keempat, ada versi alternatifnya yang telah mendapat adaptasi hingga anime berjudul Fate/Apocrypha. Pada anime ini menceritakan dunia alternatif dari Fate/Zero sehingga Perang Cawan Suci Keempat digantikan dengan Perang Cawan Suci Besar yang melibatkan dua faksi.

Setelah Fate/Zero, ada lagi Perang Cawan Suci Kelima yang telah diadaptasi menjadi 3 rute dengan judul yang diawali Fate/stay night. Rute pertama, telah diadaptasi ke dalam anime berjudul Fate/stay night yang rilis pada tahun 2006 sehingga anime ini adalah anime seri Fate pertama dan berpusat pada servant kelas Saber dan protagonis bernama Emiya Shirou. Rute kedua ada anime berjudul Fate/stay night: Unlimited Blade Works atau disingkat Rute UBW, pada rute ini berpusat pada servant kelas Archer yang akan mengungkap identitasnya. Kemudian rute ketiga, adalah Rute Heaven's Feel yang diangkat menjadi triologi film berjudul Fate/stay night Movie: Heaven's Feel dan di anime movie ini berpusat kepada tokoh bernama Sakura. Ketiga rute ini memiliki kisah dan akhir yang berbeda sehingga kalian bisa menonton semuanya tanpa takut sudah tahu jalan ceritanya.

Ada juga versi awal atau versi asli dari Fate/stay night yang berjudul Fate/Prototype, namun sejauh saat ini tidak ada adaptasi resmi animenya namun beberapa sumber kalau seri Fate ini ada versi manga-nya. Namun pada Desember 2011 ada sebuah OVA mungkin lebih mirip dengan Video Promosi yang berjudul serupa.

Setelah Fate/stay night ada lanjutan yang merupakan cerita 6 bulan setelah kejadian Perang Kelima yang saat ini masih berupa Visual Novel berjudul Fate/hollow Ataraxia. Belum ada konfirmasi resmi hingga akhir tahun 2021 apakah seri ini akan diangkat menjadi anime atau tidak.

Selain itu pula, setelah Fate/Zero ada juga sekuel lain yang menceritakan dunia yang berbeda pula dimana pada adaptasi ini berpusat pada tokoh bernama Illyasviel von Einzbern dan telah diadaptasi menjadi anime berjudul Fate/kaleid liner Prisma Illya yang telah mendapatkan 4 musim dan 1 movie. Ini adalah seri dimana tidak terjadi perang cawan suci sehingga Illyasviel von Einzbern yang biasa dipanggil Ilya bisa hidup dengan damai bersama Emiya Kiritsugu (ayahnya), Irisviel von Einzbern (ibunya), dan kakak angkatnya Emiya Shirou. Seri ini bertema Loli dan Mahou Shoujo, dimana Ilya tanpa sengaja terpilih menjadi Mahou Shoujo dan bertugas mengumpulkan 7 Class Card pahlawan (inti cerita season 1). Di season 2, Ilya bertemu dengan saudara kembarnya di awal cerita. Kemudian munculnya orang yang mengumpulkan Class Card sebelum Ilya dan Munculnya Class Card ke 8 pada akhir cerita. Di season 3, Ilya bertarung dengan Class Card ke 8 (Gilgamesh) diakhir cerita. Dan di season ke 4 yang berlanjut ke movie yang berjudul Fate/kaleid liner Prisma
Illya Movie: Sekka no Chikai menceritakan tentang asal usul Miyu (Mahou Shoujo / Teman Ilya). Menurut saya, season ke 4 ini merupakan awal keseruan dari seri ini.

Sementara itu untuk Fate/Grand Order tidak memiliki alur langsung dengan seri lainnya. Fate/Grand Order atau bisa disingkat menjadi FGO adalah sebuah game yang didalamnya terdapat hampir semua servant dari semua seri Fate yang ada. Adaptasi anime dari FGO tidak berurutan. Singularity 1,6,7 dan Final Singularity sudah mendapatkan adaptasi anime. Sedangkan singularity 2-5 belum. Kebanyakan adaptasinya berupa Movie seperti pada singularity 1,6 dan final singularity, namun pada singularity 7 menggunakan format series.

Untuk Fate/Grand Order yang sudah diadaptasi anime antara lain: Fate/Grand Order: First Order (Sin. 1),  Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot 1 - Wandering; Agateram (Sin. 6), Fate/Grand Order: Shinsei Entaku Ryouiki Camelot 2 - Paladin; Agateram (Sin. 6), Fate/Grand Order: Absolute Demonic Front – Babylonia (Sin. 7), dan Fate/Grand Order: Final Singularity - The Grand Temple of Time: Solomon (Final Sin.).


Untuk Fate/Extra dan Fate/Extra CCC adalah game yang menceritakan pada tahun 2030. Dan pada Januari 2018 Fate/Extra: Last Encore diadaptasi menjadi anime.

Fate/Extra: Last Encore ini merupakan alternatif cerita dari Fate/stay night. Seri ini diproduksi oleh studia yang berbeda dengan seri Fate sebelumnya, anime ini diproduksi oleh Shaft yang pernah menggarap beberapa anime terkenal seperti Monogatari Series. Alhasil, ketika menonton anime ini seperti menonton Fate rasa Monogatari.

Karakter utama untuk seri ini bernama Kishinami Hakuno. Sistem perang kali ini sedikit berbeda karena Perang Cawan Suci sudah hilang dan digantikan dengan sebuah turnamen bernama Moon Cell. Dimana di sekolah itu, para siswa-siswinya adalah seorang master semua dan akan diseleksi dengan semacam turnamen hingga dipilih satu pemenang. Sehingga, tidak menutup kemungkinan akan muncul lebih dari 7 servant yang akan tampil di anime.

Fate/Extra dan Fate/Extra CCC ini memiliki sekuel berupa game berjudul Fate/Extella yang merupakan alternatif akhir cerita.

Itulah urutannya masing-masing, jika kalian ingin mengikuti seri Fate ini dari awal sekali saya sarankan untuk menontonnya berdasarkan tanggal rilis saja karena akan lebih mudah dicerna.

Referensi:



12 komentar:

  1. wew Fate/Grand Order cuma promosi buat gamenya doang, padahal seru.

    BalasHapus
  2. ribet juga yak klo bener bener mau ngikutin
    Tpi Thx buat saran dan info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya gk seribet monogatari series gan.

      Soalnya inti fate series itu cuma fate zero sama fate stay night.Buat fate stay night saya saranin versi fate stay night: ubw.

      Yang lain cuma kayak cerita alternatif

      Hapus
  3. Brarti Angra mainyu itu servant??. Servant kelas avenger. Tapi koq di fate zero gk diperlihatkan wujudnya ya?? Cuma namanya doang yg disebut..

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Cerita inti Fate Series cuma Fate Zero terus lanjut Fate Stay Night. Kebetulan Fate Stay Night (FSN) ada 3 versi.

      Yang lain lebih kayak beda universe, dll. Jadi walaupun gk urut gk masalah sebenernya.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Iya wkwkwkwk, ketemunya yg itu. Datanya jg belum diupdate, blm sempet

      Hapus