Anime Baru Spring 2024

Rekomendasi Anime Spring 2024

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Kali ini saya ingin memberikan rekomendasi anime yang bakal tayang di musim depan. Rasanya sepe...

Anime buatan Indonesia

Halo, semuanya. Kali ini saya akan membuat daftar rekomendasi anime atau animasi buatan Indonesia, spesial untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang baru saja berlangsung kemarin. Meskipun perkembangan animasi di Indonesia sedikit lambat karena kurangnya dukungan untuk para animator di Indonesia, namun ada beberapa animasi buatan Indonesia yang menurut saya cukup menarik yang bisa dilihat di Youtube. Langsung saja ini dia listnya:

PDKT The Animation
Animasi PDKT ini merupakan kependekan dari Pacar Datang Kau Tiada dan bisa diakses secara publik secara gratis. Cerita akan berpusat pada sepasang kekasih yang baru berpacaran selama 2 minggu, tetapi cowoknya selalu genit dengan wanita lain. Projek ini sendiri dimulai pada September 2015 oleh seseorang dengan sebutan (N) dari Indonesia, dengan durasi setiap episodenya berjumlah 16 menit.

Namun, setelah episode 3 kabarnya animasi ini akan diteruskan oleh orang luar, tepatnya dari Amerika Serikat yang memiliki ketertarikan pada projek ini. Jadi untuk episode 3 dan seterusnya, mungkin style animasinya akan berbeda dan kabarnya akan dibuat sampai 2 season, tapi entahlah.

CHANGE! SHIFT
Animasi buatan Mi Motion Animation ini bercerita tentang kisah seorang karyawan minimarket bernama Aditya Dika. Pada episode pertama ketika Adit sedang naik transportasi umum, dia bertemu dengan Suci. Adit dan Suci yang terlihat serasi ini sebenarnya sering bertengkar. Selain mereka berdua ada dua tokoh lain, cewek bernama Aisyah dan cowok berkacamata bernama Bani.

Tikam Samurai
Animasi Tikam Samurai ini dibuat oleh Radhian Rahim, Lilik Sumantoro, M Assarudin dkk. Cerita animasi ini berdasarkan pada novel karya Makmur Hendrik. Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Bungsu yang menjual negaranya hanya untuk mendapatkan uang agar bisa berjudi. Orang tuanya pun kecewa, hingga suatu hari semua tentara penjajah membunuh semua keluarganya menggunakan pedang samurai. Ibunya berpesan agar dia tidak lagi berkhianat dan berhenti berjudi.

Sekotak Harapan
Animasi ini adalah karya original mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak yang mengisahkan tentang usaha keras seorang siswa untuk mencapai cita-citanya. Dibuat oleh 13 orang dan 1 animator selama 3 bulan untuk mengikuti lomba Gemastik 8.

PaperPlane
Sebuah animasi drama yang berlatar belakang di Kota Solo, yang mengupas tentang seluk beluk kehidupan di zaman modern dengan masyarakat yang hanya peduli dengan teknologi dan gadget. Animasi ini dibuat oleh Aji Nugroho dan dibantu oleh Bhyan Apriliyan untuk story-nya.

Vatalla - Sang Pelindung
Animasi buatan studio Kampoong Monster yang meneritakan tentang sebuah dunia bernama Cyodyayalla yang sedang dilanda kehancuran. Hanya sang Rambut Emas dan Vatalla sang pelindung yang bisa menyelamatkannya. Kelima anak yang terpilih menjadi Vatalla, terseret ke sebuah petualangan yang menegangkan dan berbahaya, sekaligus mencari dan melindungi jantung dunia Cyodyayalla atau membiarkannya hancur bersama musnahnya bumi.

Selain itu ada beberapa animasi yang masih sekedar teaser atau trailer diantaranya:
The Vigilante


Angel Dives

Ngampus : 1000 Menuju STAN

Battle of Surabaya
Dan ada satu lagi animasi 2D Indonesia yang memiliki kualitas di atas animasi-animasi Indonesia yang lain, Batte of Surabaya yang sudah ditayangkan di biskop pada tahun 2015, yang pada awalnya dikatakan pernah ditolak oleh TV Indonesia sebelum akhirnya melesat ke Box Office.

Itulah beberapa animasi atau anime buatan Indonesia. Mari kita dukung para animator Indonesia agar bisa membuat lebih banyak karya yang lebih baik lagi kedepannya. Terima kasih dan sampai jumpa.

Referensi:
https://www.otakundes.net/2017/01/anime-animasi-buatan-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar