Anime Baru Spring 2024

Rekomendasi Anime Spring 2024

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Kali ini saya ingin memberikan rekomendasi anime yang bakal tayang di musim depan. Rasanya sepe...

Anime bertema pekerjaan


Nah, halo semua. Kali ini saya ingin membuat rekomendasi anime yang bertema pekerjaan. Sebagai manusia tentu kita memiliki berbagai macam kebutuhan seperti makan, minum, pakaian, dan lain- lain. Kita bisa mencari penghasilan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan tersebut dengan cara bekerja. Namun terkadang bekerja terasa begitu melelahkan dan membuat kita malas atau bosan dengan keseharian kita tersebut. Karena itulah saya membuat rekomendasi beberapa anime yang bertema pekerjaan yang saya kutip dari beberapa sumber di internet. Siapa tahu ini bisa membuat kalian lebih semangat untuk menjalani kehidupan kerja kalian. Langsung saja ini dia listnya:

Salaryman Kintaro
Bercerita tentang Kintaro, mantan pemimpin geng biker yg ditakuti dan dihormati, yg memutuskan bahwa waktunya untuk "pensiun" dan menjadi "salaryman" sejak istrinya meninggal dan dia harus mengurus anak-anaknya yg masih muda.

Yakitate! Japan
Azuma menjadi terobsesi dengan roti ketika ia berusia enam tahun. Kakaknya berteriak bahwa keluarga mereka harus mulai memiliki roti untuk sarapan pagi, tapi kakek mereka menolaknya, karena ia hanya akan makan natto, sup miso, dan nasi untuk sarapan pagi. Kazuma setuju dengan kakek, tetapi adiknya menculik dia dan membawanya ke toko roti untuk menunjukkan keajaiban roti segar yang habis di pangang. Tidak hanya Kazuma saja, tapi pemilik toko itu tahu bahwa Kazuma memiliki kakuatan "Hands of the Sun" yang membuat kehangatan dan cinta dalam proses pembuatan roti. Pemilik toko itu pergi ke Tokyo untuk memenuhi impiannya membuat ia dan Kazuma menjadi pembuat roti ternama di Jepang

Aria the Animation
Sinopsis: Drift tempat damai di Neo Venezia, sebuah kota di planet Aqua (sebelumnya dikenal sebagai Mars). Pada abad ke-24, manusia telah menemukan cara untuk bertahan hidup di planet yang sebelumnya tidak bisa dihuni. Seperti masa depan, Neo Venezia masih penuh dengan keindahan pedesaan; dan saluran air adalah model transportasi yang terdapat di planet itu. Kota itu sendiri adalah replikasi dari Manhome (planet sebelumnya dikenal sebagai Bumi).

Untuk memastikan bahwa penduduk dan turis mendapatkan pengalaman maksimal dari Neo Venezia, perusahaan yang menawarkan tur melalui saluran air salah satunya bernama Perusahaan Aria.

Itu merupakan tempat kerja Akari Mizunashi, seorang remaja bersemangat dari Manhome yang kini menjadi Undine pemula (sebutan yang diberikan kepada pemandu wisata). Bergabung di perusahaan Akari saat ia menjadi akrab berkenalan dengan Undine lainnya, wisatawan, dan penduduk Neo Venezia, bahkan kota itu sendiri. Belajar banyak pelajaran hidup yang berharga di sepanjang karirnya, seperti indahnya keajaiban buatan manusia.

The Idol M@ster (series)
Bercerita tentang para gadis yang bekerja sebagai idol di salah satu perusahaan idol profesional. The Idolmaster Series terdiri dari beberapa seri diantaranya adalah The Idolmaster dan The Idolmaster: Cnderella Girls.

Bakuman.
Sinopsis: Bercerita tentang perjuangan 2 anak SMP Moritaka Mashiro dan Akito Takagi dalam mencapai cita-cita mereka menjadi Mangaka (orang yang menggambar manga) diwarnai kisah percintaan antara Moritaka Mashiro dan Azuki Miho yang berkomitmen akan menikah setelah keduanya sukses di bidang nya masing-masing.

Servant x Service
Sinopsis: Bercerita tentang kehidupan sehari-hari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kota Mitsuba, Hokkaido. Ketika Lucy lahir dulu, orang tuanya bingung memilih nama yang pantas untuknya. Karena ragu, mereka meminta pendapat ke orang lain untuk memberikan rekomendasi nama yang bagus. malah membuat mereka tambah bingung dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan banyak nama yang membuat nama Lucy jadi sangat panjang, Yaitu Yamagami Lucy Kimiko Akie Airi Shiori Rinne Yoshiho Ayano Tomika Chitose Sanae Mikiko Ichika (masih ada lanjutannya). Entah kenapa nama yang tak lazim ini disetujui oleh seorang PNS di Kantor Pelayanan Publik.

Lucy yang kini sudah menginjak dewasa, berhasil mendapatkan pekerjaan di Kantor Pelayanan Publik yang sama dan berencana untuk membalas dendam pada orang yang telah mengesahkan namanya. Tapi menjadi seorang PNS ternyata bukanlah pekerjaan yang mudah karena berhadapan dengan banyak warga yang sering marah-marah. Belum lagi dia juga harus beradaptasi dengan rekan-rekannya yang aneh.

Hanasaku Iroha
Sinopsis: Hanasaku Iroha bercerita tentang kehidupan seorang gadis remaja bernama Ohana Matsumae. Karena ibunya memilih untuk melarikan diri bersama dengan teman lelakinya dan meninggalkan dirinya, Ohana diberi alamat tempat neneknya berada oleh ibunya dan terpaksa pergi meninggalkan kehidupan remajanya di Tokyo. Ohana tiba di tempat neneknya yang merupakan seorang pemilik penginapan dan pemandian air panas (Onsen) bernama Kissuisō di daerah fiksi bernama Yunosagi. Ia pun bekerja di Kissuisō atas suruhan neneknya yang tidak membedakannya sebagai cucunya sendiri dengan pegawai Kissuisō lainnya. Selama bekerja dan hidup di Kissuisō, Ohana mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan di Kissuisō serta mengenal lebih dalam dengan pegawai Kissuisō lainnya, Ohana pun memulai hidupnya yang baru dan menjadikannya sebagai bagian dari cara untuk membuat sifatnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Shirobako
Sinopsis: Aoi tidak akan pernah lupa bagaimana perasaannya saat klub animasi SMAnya yang memiliki karya yang dikerjakan dengan cinta ditampilkan di festival budaya. Rasa kagum dan rasa prestasi yang datang dengan menyelesaikan proyek pertama mereka adalah hal yang mendorong Aoi dan teman klubnya untuk memasuki industri animasi. Tapi dua tahun kemudian Aoi telah lulus, dan sekarang dia bekerja sebagai asisten produksi untuk sebuah studio animasi ternama, realitas menakutkan yang menghantui pekerjaannya membuat ia agak berkurang semangatnya. Meskipun berjam-jam dan jadwal deadline menghantuinya, Aoi masih berharap untuk memenuhi janji dia dan teman- teman klubnya Ema, Shizuka, Misa, dan Midori untuk suatu hari menyatukan kembali dan membuat film animasi mereka sendiri sebagai profesional!

Hataraku Maou-sama
Sinopsis: Dalam dimensi lain, Sadao Si Raja Iblis hanya tinggal selangkah lagi untuk menaklukkan dunia ketika ia dikalahkan oleh "pahlawan" Emilia dan dipaksa untuk melarikan diri ke dunia lain: zaman modern Tokyo di bumi. Karena "menaklukkan dunia" adalah satu-satunya hal yang Raja Iblis lakukan, dan tentu saja tidak diperlukan dalam situasi barunya. Ia harus bekerja sebagai freeter untuk membayar kebutuhan hidup barunya.

Working! (series)
Sinopsis: Terletak di sebuah restoran keluarga di Hokaido, bagian paling utara Jepang. Seorang pemuda SMA 16 tahun, Takanashi Souta, bekerja paruh waktu sebagai pelayan di restoran tersebut yg bernama Wagnaria. Dengan bersama rekan-rekan kerjanya yg aneh mereka bekerja melayani pelanggan setiap hari dengan scene comedy yg bisa membuat kamu tertawa lepas.

Sakura Quest
Sinopsis: Di sebuah desa kecil di pinggiran daerah, desa tersebut mendapatkan panggilan "negara kecil" untuk program turis dan wisata. Memperkejakan lima wanita sebagai duta wisata. Menceritakan tentang satu tahun penuh cerita tentang bagaimana lima orang gadis itu bekerja dan hidup sebagai agensi wisata dari desa kecil tersebut untuk menghidupkan kembali nama dari desa tersebut.

New Game
Sinopsis: Menceritakan tentang kehidupan Suzukaze Aoba yang merupakan penggemar berat dari video game tertentu. Setelah lulus SMA, Aoba mulai bekerja di perusahaan pengembang game bernama Eagle Jump sebagai artis CG (Character Design), ia bekerja pada pemodelan dan merancang karakter untuk game dalam pengembangan.

Sebagai junior di perusahaan, dia berkenalan dengan rekan-rekan kerjanya sesama departemen desain karakter, serta orang-orang di seluruh perusahaan. Ini adalah anime tentang gadis yang bekerja di perusahaan Eagle Jump.

Isekai Shokudou (Restaurant to Another World)
Sinopsis: Di lantai bawah di sebuah bangunan yang terdapat papan peringatan anjing, tepatnya di tempat perbelanjaan yang berada di sebuah kantor terdekat.

Di tempat tersebut terdapat sebuah kafetaria bernama "Youshoku no Nekoya", di tempat tersebut terdapat gambaran ilustrasi kucing yang berada di dalam pintu.

Kafetaria tersebut telah buka selama 50 tahun dan sudah membuat banyak pelanggan khusunya para karyawan dari kantor terdekat merasa senang dengan pelayanan yang diberikan disana. 

Kafe tersebut menyediakan masakan barat sebagai menu utama, namun disana juga menyajikan menu lain yang bervariasi untuk orang-orang yang berasal dari dunia lain, yang merupakan menu satu-satunya dan hanya ada di Nekoya. 

Namun Kafe tersebut memiliki sebuah rahasia. Setiap hari sabtu, kafe ditutup untuk umum dengan tujuan membuat jalur bagi para tamu istimewa. Ketika bel berbunyi, pelanggan yang berasal dari tempat berbeda dan pelanggan dari bermacam-macam ras berdatangan. Mereka menanyakan beberapa menu yang aneh namun lezat. 

Sebenarnya menu yang dihidangkan sama seperti pelanggan dari para pekerja kantoran. Namun para tamu istimewa menganggapnya hidangan tersebut merupakan hidangan eksotis dan berbeda dari apa yang mereka makan. Sebagai Kafetaria yang bertujuan untuk membagi karyanya, hal itu disebut dengan Isekai Shokudou.

Tamako Market
Sinopsis: Tamako Market – Bercerita di distrik belanja Usagiyama, disana terdapat suatu komunitas pembisnis yang saling akrab satu sama lain. Cerita berfokus kepada seorang gadis yang bernama Kitashirakawa Tamako, Tamako adalah siswa SMA yang cerewet, tapi juga manis. Keluarga Tamako menjalankan sebuah bisnis Manju, disebuah toko yang bernama Tama-ya. Suatu hari, Tamako tak sengaja bertemu dengan Burung aneh yang dapat berbicara, burung tersebut bernama Mochimazzi Dera, yang mengaku dari sebuah negeri yang jauh, dan mengemban misi untuk mencari seorang gadis untuk dinikahkan ke pangeran di negaranya. Setelah mereka bertemu, Dera mengikuti Tamako dan malah kecanduan Manju, dirinya menjadi kelebihan berat badan dan tidak bisa terbang, pada akhirnya dirinya tidak bisa kembali ke negaranya sendiri. Karena tidak bisa kembali ke negaranya, Dera kini tinggal bersama dengan Tamako yang menjalankan Toko Tama-ya, dan bermain main bersama dengan teman teman Tamako yang lain.

Amagi Brilliant Park
Sinopsis: Seiya terpaksa menerima undangan ke sebuah taman hiburan dengan gadis misterius dan Isuzu. Yang dia tidak tahu adalah bahwa mereka akan membawanya ke taman Amagi Brilliant , taman hiburan yang paling mengecewakan di Jepang. Seiya diperkenalkan kepada pemimpin Park, "seorang putri" bernama Latifah, yang tiba-tiba mempercayakan tamannya pada dia , yang berada dalam ambang kebangkrutan. Amagi Brilliant Park, ternyata, bukan sembarang taman hiburan, melainkan satu tempat yang dihuni oleh peri.

Shirokuma Cafe
Sinopsis: Terletak di sebuah kebun binatang dan seekor beruang kutup kalem agak nyebelin, Shirokuma. Shirokuma Cafe adalah tempat yg populer untuk hewan dan manusia, disana mereka dapat duduk bersantai setelah seharian bekerja keras. Entah itu minuman dingin atau makanan terbaru di menunya, Shirokuma menemukan kegembiraan karena bisa melayani pelanggannya, sering kali mengobrol tentang berbagai topik.

Bersama Penguin yg sarkastis dan Panda yg canggung, mereka membentuk trio aneh yg membuat diri mereka terjebak dalam berbagai macam kesialan dengan teman mereka yg lain seperti Grizzly si pemilik bar, dan Sasako seorang manusia yg bekerja di kafe tersebut. Dari berurusan dengan cinta yg tak terbalas, perjalanan berkemah di luar ruangan, sesi karaoke, dan bahkan rahasia menyeduh kopi agar bisa enak, selalu ada sesuatu yg pasti terjadi di Shirokuma Cafe!

Hataraki Man
Sinopsis: Bercerita tentang Hiroko Matsukata seorang wanita yg bekerja untuk sebuah perusahaan majalah. Dia memasukkan semua yg dia miliki ke dalam karyanya, dan dikenal sebagai gadis pekerja yg kuat dan lurus ke depan, yg bisa mengubah dirinya menjadi mode pria (working man) Hataraki. Meski sukses Hiroko di tempat kerja, hidupnya tidak memiliki asmara (bukan berarti gak punya pacar, dia punya kok, tapi...). Meski pekerja keras, dia akan pulang lebih awal kapan saja untuk bersiap-siap berkencan. Sayangnya pacar dia lebih gila dalam pekerjaan daripada Hiroko sendiri.

Yuusha ni Narenakatta Ore wa Shibushibu Shuushoku o Ketsui Shimashita
Sinopsis: Raul, pria yang gagal menjadi pahlawan karena Raja Iblis sudah dikalahkan sebelum ujian kepahlawanannya. Dan oleh karena itu dengan berat hati Raul terpaksa mengubur impiannya untuk menjadi pahlawan dan berusaha mencari kerja. Saat ini Raul bekerja di sebuah toko sihir. Dia menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja. Tapi suatu hari, datang seorang gadis yang ingin melamar pekerjaan di toko tersebut. Saat dilihat CV milik gadis itu, ternyata dia adalah seorang anak Raja Iblis!

Blend S
Cerita dari anime Blend S ini berpusat pada tokoh utama bernama Maika Sakuranomiya yang memiliki wajah seram sejak dari lahir sehingga dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Ketika ingin melamar pekerjaan, Maika secara kebetulan menemukan sebuah kafe yang unik dimana para pelayannya memerankan sifat-sifat unik seperti tokoh Tsundere (malu-malu kucing), Imotou (adik perempuan), Onee-chan (kakak perempuan), idol dan kebetulan pemilik kafe tersebut sedang mencari orang untuk dijadikan pelayanan dengan peran Sadis dan peran ini sangat cocok dengan Maika yang memiliki wajah sinis.

Wotaku ni Koi wa Muzukashi
Kisah komedi romantis antara Narumi, seorang wanita pekerja kantoran yang menyembunyikan gaya hidup fujoshi-nya, dan Hirotaka, pria ikemen yang ternyata seorang game otaku.
Itulah beberapa rekomendasi anime bertema pekerjaan yang berhasil saya rangkum. Cukup sekian dulu dari saya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa.

Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar