Anime Baru Spring 2024

Rekomendasi Anime Spring 2024

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Kali ini saya ingin memberikan rekomendasi anime yang bakal tayang di musim depan. Rasanya sepe...

Anime bertema otaku atau memiliki tokoh otaku

Halo, semuanya kali ini saya ingin membuat list anime yang bertema otaku atau memiliki tokoh otaku di dalamnya. Pastinya bagi kalian yang menggemari anime, sudah tidak asing lagi dengan kata Otaku. Otaku sendiri adalah sebutan untuk orang yang sangat menggemari atau fanatik terhadap sesuatu. Terutama Anime, Manga, Game, dan lain sebagainya. 

Ternyata ada cukup banyak anime yang bertema otaku atau memiliki tokoh otaku di dalamnya. Pada season Spring 2018 (Season kemarin) sendiri ada beberapa anime yang bertema otaku seperti 3D Kanojo: Real Girl dan Wotaku ni Koi wa Muzukashii. Nah, karena itu kali ini saya berusaha untuk menghimpun beberapa diantaranya seperti berikut:

Watashi Ga Motenai No Wa Dou Kangaete Mo Omaera Ga Warui (Watamote)
Anime suram yang menggambarkan kehidupan seorang otaku yang selalu mengalami derita dalam kehidupan sekolahnya. Ya, inilah Watamote, yang mana mengisahkan seorang otaku cewek bernama Tomoko Kuroki yang baru saja masuk SMA dan mencoba keluar dari zona nyamannya. Parahnya, dia ini sangat kesulitan jika mencoba untuk bersosialisasi, bahkan untuk menyapa saja sulitnya minta ampun.

Dalam anime, si Kuroki digambarkan sebagai otaku yang menarik diri dari masyarakat, alias hikikomori. Meski begitu, dia masih mempunyai teman dari SMP-nya dulu yang bisa dibilang kepribadiannya berkebalikan dengan Kuroki. Selain tema otaku dalam anime ini, banyak unsur-unsur komedi yang cukup membuatmu tertawa, sekaligus merasa kasihan pada karakter utama-nya.
begitu, dia masih mempunyai teman dari SMP-nya dulu yang bisa dibilang kepribadiannya berkebalikan dengan Kuroki. Selain tema otaku dalam anime ini, banyak unsur-unsur komedi yang cukup membuatmu tertawa, sekaligus merasa kasihan pada karakter utama-nya.

Genshiken
Bagi kamu yang suka dengan tema otaku, anime ini harus kamu coba. Genshiken sendiri merupakan anime yang menceritakan seorang otaku bernama Kanji Sasahara yang baru masuk kuliah dan ingin bergabung dengan ukm atau klub yang cocok untuknya. Mata dia tertuju pada klub yang bernama Perkumpulan Studi Budaya Visual Modern atau dikenal dengan Genshiken yang membawa gambaran penuh mengenai budaya otaku bersama-sama.

Sasahara yang pada awalnya malu-malu kucing, pada akhirnya akan lebih banyak terlibat dengan aktivitas klub seperti membahas favorit anime mereka, membaca doujinshi, dan menghadiri konvensi anime. Uniknya, di kelompok tersebut akan ada cewek non-otaku yang akan selalu hadir bersama para otaku-otaku dalam satu rungan klub, karena cewek itu adalah salah pacar dari salah satu anggota klub tersebut.

Selain semua hal tentang otaku yang akan disuguhkan anime ini, akan ada unsur percintaan yang bisa membuatmu baper. Anime ini juga memiliki season kedua. Selain itu juga ada Genshiken Nidaime yang bercerita tentang Junior Sasahara di klub Genshiken. Sementara Sasahara dan teman- temannya sendiri sudah lulus saat itu.

Denpa Kyoushi
Guru tapi otaku ada tidak ya? ada, tapi di anime Denpa Kyoushi. Menceritakan tentang seorang guru otaku sekaligus ilmuwan jenis yang lulus dari universitas dengan nilai terbaik bernama Kagami Junichiro. Dia mempunyai keinginan yang terinspirasi dari serial Doraemon, yaitu pintu kemana saja. Dia ingin menciptakan alat itu dikarenakan penyakit YD yang dialaminya, merupakan penyakit yang membuat seseorang yang terjangkiti hanya ingin melakukan apapun yang disukai. Dengan kejeniusannya dia membuat banyak muridnya terbantu tentu dengan timbal balik yang sesuai keinginannya.

Anime ini sendiri sedikit mengingatkan kita pada serial Great Teacher Onizuka, perbedaannya jika di GTO gurunya adalah mantan berandalan kalau di sini gurunya adalah otaku jenius. Jadi bayangkan saja kamu mau nonton GTO tetapi gurunya adalah otaku jenius.

Otaku no Video
Anime ini hanyalah sebuah OVA dan hanya terdiri dari 2 episode, tetapi apa salahnya mencoba kalau kamu memang ingin menonton anime bertemakan otaku. Ceritanya sendiri didasarkan pada kisah nyata bagaimana Studio Gainax berdiri, yang mana akan menceriakan semua aspek dari gaya hidup seorang otaku.

Berpusat pada pemuda dengan kehidupan biasa-biasa saja bernama Ken Kubo, sampai akhirnya dia terlinat dengan grup otaku. Perlahan, dia menjadi seperti mereka sampai dia memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya dan menjadi raja otaku -otaking-. Di sini kamu juga akan menemukan campuran adegan yang diambil dari interview dengan otaku dari dunia nyata, tidak hanya anime dan manga saja, tetapi juga penggemar sci-fi, militer dan sebagainya. Anime ini cocok untuk menambah sedikit wawasanmu tentang otaku. 

Saenai Heroine no Sodatekata (Saekano)
Ini adalah anime yang menceritakan seorang otaku yang mempunyai impian besar untuk membuat game. Si karakter utama, cowok otaku yang masih SMA bernama Tomoya Aki yang bekerja paruh waktu demi mengoleksi berbagai barang-barang berbau otaku. Hingga suatu hari, dia bertemu dengan gadis bernama Megumi Kato yang membuat dia terbesit untuk membuat game simulasi percintaan, terinspirasi dari pertemuannya dengan gadis tersebut. Ketiga gadis yang lainnya pun juga akan terlibat dengan game yang ingin dia buat itu.

Anime sebetulnya lebih mengedepankan kisah si karakter utama untuk menjalani hubungan asmaranya dengan gadis yang dia anggap paling layak menjadi heroine-nya dan setelah itu dijadikan referensi sebagai game otome / dating yang akan dibuatnya. 

Yowamushi Pedal
Berbeda dengan anime otaku lainnya, anime ini akan lebih mengutamakan tentang tema sport-nya, yaitu balap sepeda. Namun, si karakter utama bernama Onoda sebenarnya adalah otaku akut yang pada awal masuk SMA ingin mendirikan klub otaku, karena klub sebelumnya bubar. Alih-alih mendirikan klub otaku, dia malah terhasut untuk bergabung ke klub sepeda. Kenapa klub sepeda? Karena Onoda adalah orang yang pergi kemana-mana menggunakan sepeda, jarak jauh atapun naik bukit sekalipun, singkatnya, bakat alami.

Meski sudah bergabung dengan klub sepeda, bukan berarti sifat ke-otaku-an dari Onoda akan hilang. Dia justru mencoba menularkan virus otaku-nya ke teman-temannya di klub sepeda, dan lagu anime kesukannya pun sering dia nyanyikan ketika dia sedang membalap, seakan-akan membuat dia menjadi tanpa beban dan melaju kencang lurus ke depan.

Nogizaka Haruka no Himitsu
Nogizaka Haruka adalah gadis yang disegani di sekolah karena kekayaan dan bakatnya dalam bidang akademis. Meski begitu, Haruka ini punya rahasia gelap bahwa dia ternyata adalah seorang otaku. Ceritanya anime ini akan lebih menitikberatkan pada perasaan antara dua karakter utama. Meski begitu, bisa dicoba anime ini, jarang-jarang kan ada anime karakter utamanya cewek otaku, selain watamote, wkwkwk.

Blood Lad
Untuk anime yang satu ini, alangkah baiknya kalau dipertimbangkan lagi kalau ingin nonton, karena Blood Lad sendiri mengambil tema yang sudah mainstream dalam anime, yaitu vampir dan dunia iblis. Bedanya, vampir satu ini adalah seorang maniak otaku yang bercita-cita mengunjungi dunia manusia, terutama Jepang, negara yang dia agung-agungkan. Namanya adalah Staz, bos vampir yang menguasai daerah kekuasaannya di dunia iblis.

Dengan kecintaannya pada semua hal yang berbau dunia manusia, tiba-tiba saja dia dikejutkan dengan seorang manusia yang nyasar ke dunia setan. Manusia itu adalah cewek bernama Fuyumi. Hal itu membuat rasa keingintahuan Staz akan dunia manusia menjadi-jadi, sehingga dia akhirnya mengajak cewek itu kerumahnya.

Anime ini sebenarnya lebih ke petulangan Staz yang berusaha menghidupan Fuyumi yang dibunuh beberapa saat setelah menginjakkan kakinya di dunia iblis. Meski begitu, ke-otaku-an dari si vampir ini tetap ditunjukkan, terutama kecintaannya pada seri Dragon Ball. Vampir kok doyan nonton Dragon Ball, wkwkwk.

Ore no Imouto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai (Oreimo)
Kehidupan yang bertahun-tahun bersama adiknya sendiri tetapi tidak pernah akur, sampai suatu hari si kakak menemukan game eroge 'percintaan dengan adik perempuan' milik adiknya. Itulah sedikit gambaran dari awal cerita anime. Si kakak bernama Kyousuke sedangkan si adik perempuan bernama Kirino. Awalnya si Kyousuke hanya menemukan DVD anime bertemakan gadis penyihir yang ternyata -eh ternyata di dalamnya ada game eroge tersebut, sontak dia penasaran ingin mengetahui siapa pemiliknya yang bukan lain adalah adiknya sendiri.

Kirino sendiri dikenal sebagai cewek sempurna, cantik, jago olahraga dan murid teladan. Dengan terbongkarnya apa yang dia rahasiakan akhirnya Kirino memutuskan untuk meminta saran tentang hobinya pada Kyousuke. 

Outbreak Company
Anime ini menceritakan tentang era baru Jepang dimana Jepang bertetangga dengan negara asing. Untuk memenangkan sosiopolitik, Jepang menggunakan senjata halus, yaitu menyebarkan pop-kultur jepang pada negara tetangga ini. Dengan payahnya orang-orang birokrasi mereka menyewa seorang Otaku, Kanou Shinichi, untuk menjadi perwakilan Jepang.

LuckyStar
Lucky Star adalah anime yang menceritakan kehidupan dari empat orang sahabat. Karakter utamanya, Konata Izumi adalah seorang otaku akut yang merupakan turunan ayahnya, dan sangat suka membahas anime dan manga pada teman-temannya. Dia juga suka sangat suka bermain game online. Anime ini juga sangat kuat unsur budaya Jepangnya, jadi bisa sekaligus belajar budaya Jepang smebari nonton anime.

Kami nomi zo Shiru Sekai (The World God Only Knows)
Otaku dalam anime ini dijuluki dewa penakhluk, karena kepiawaiannya dalam bermain game ataupun visual novel. Si otaku tersebut bernama Katsuragi Keima, yang juga sering dipanggil dengan sebutan Otamegane/Otaku bermata empat. Kepiawaiannya tersebut membawa dia pada sebuah tantangan yang untuk menakhlukan gadis-gadis yang ada di dunia nyata.

Cerita anime cukup seru, dengan penakhlukannya yang dia lakukan pada para gadis akan ada adegan kocak, romansa dan bahkan dramatis yang terjadi.

NHK ni Youkoso
Anime ini sebenarnya lebih ke tema tentang seorang hikikomori bukan otaku, tetapi salah satu karakter yang merupakan teman kos dari karakter utama adalah seorang otaku. Meski si karakter utama ini bukan seorang otaku atas bujukan temas kos-nya yang otaku, dengan ke-antisosial-an dirinya, akhirnya Tatsuhiro Satou yang merupakan karater utama pun terjerumus ke dunia otaku.

NHK ni Youkouso mengandung makna yang sangat mendalam, menggambarkan bagaimana lika-liku kehidupan yang mungkin hampir dirasakan oleh semua orang, seperti bagaimana kehidupan seorang anti-sosial, seperti apa perjuangan seorang otaku yang serius menekuni hobinya, sulitnya mencari pekerjaan, terjebak bisnis MLM, beratnya beban hidup yang dialami seseorang sampai asmara.

Gamers!
Dari judulnya juga pasti kamu sudah tahu. Yup... anime ini bercerita tentang para pelajar SMA yang mencintai video games. Meski berjudul gamer dan diisi oleh karakter-karakter bertipikal gamer (tidak semua), anime ini lebih menonjolkan unsur romcom antar karakter. Kesalahpahaman antar karakter pun menjadi bumbu utama anime ini, dengan tetap membawa tema games di setiap perbincangan dan perdebatan mereka.

Karater utama anime ini adalah gamer penyendiri bernama Amano Keita, yang ternyata diam-diam dia disukai oleh sang primadona sekolah, Tendou Karen. Karakter-karakter lain pun nantinya juga akan terhubung dengan karakter utama, dan semuanya berkat video games, sampai akhirnya mencoba mendirikan klub game mereka sendiri. 

Re;Creators
Bagaimana kalau cerita-cerita yang dibuat oleh manusia ternyata menjadi hidup dan berada di dimensi yang lain dari kita? Itulah sedikit gambaran anime Re;Creators. Souta, yang merupakan seorang pelajar penggemar karya-karya fiksi seperti anime dan manga, tiba-tiba saja dikejutkan dengan wanita yang muncul di kamarnya yang tak lain adalah Selesia, karakter wanita dari serial anime yang sedang dia tonton.

Tak hanya itu, karakter-karakter lain dari berbagai karya fiksi seperti anime, manga dan video games pun juga muncul dan membuat kekacauan. Souta yang menjadi orang pertama yang mengetahui keberadaan mereka pun harus terlibat pada sesuatu yang mengubah pandangannya tentang dunia.

Kono Bijutsubu ni wa Mondai ga Aru! (Konobi!)
Anime ini terpusat pada kisah komedi romantis antara Usami yang jatuh cinta pada Subaru yang sama-sama berada di klub seni. Subaru sendiri bergabung klub seni karena tidak ada klub manga di sekolahnya, dan dia adalah nijikon sehingga sangat tidak peka dengan perasaan Usami. Ke-nijikon-an Subaru ini kerap kali membuat Usami merasa kesal kepadanya, karena bagi Subaru sendiri Usami hanyalah cewek 3D yang mana cewek 3D tidak membuatnya tertarik sama sekali.

Anime ini bisa dibilang sederhana, yang memfokuskan pada apa yang dirasakan Usami kepada Subaru dengan kesalahpahaman dan ketidakpekaan Subaru. Ceritanya pun menarik dan interaksi yang terjadi antar karater pun cukup menghibur. 

Danna ga Nani wo Itteiru ka Wakaranai na Ken
Menceritakan Hajime, seorang NEET yang sudah menikah dengan seorang wanita pekerja kantoran bernama Kaoru. Kaoru sebenarnya tidak paham dengan daya tarik suaminya, dan selalu memohonnya untuk mencari pekerjaan. Meski pengabdiannya pada hobi begitu besar, mencari pekerjaan bagi Hajime lebih mudah dari yang dibayangkan.

Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri
Agustus 20XX, portal menuju Dunia paralel, dikenal dengan nama "Gate," tiba-tiba muncul di Ginza, Tokyo. Monster dan pasukan tempur muncul dari dalam portal, merubah wilayah perbelanjaan menjadi medan perang. Pasukan Angkatan Darat Jepang segera mengambil tindakan dan memukul mundur makhluk fantasi kembali ke dalam "Gate." Untuk melakukan negosiasi dan persiapan perang di masa mendatang, Angkatan Darat Jepang mengirim tim Pengintai ke "Wilayah Khusus" di balik Gate. Youji Itami, Perwira Angkatan, dikenal sebagai otaku berumur 33 tahun, ditunjuk sebagai pimpinan tim. Di tengah pertempuran, tim mengunjungi berbagai tempat dan belajar banyak tentang budaya lokal dan geografi. Berkat usaha mereka melindungi umat manusia, walau dengan berbagai kesulitan mereka berhasil bertemu penduduk lokal. Mereka bahkan bertemu Elf cantik, penyihir, setengah Dewi dan berteman dengan mereka. Di lain pihak, kekuatan besar dari luar Gate seperti AS, China, dan Russia sangat tertarik dengan banyaknya sumber daya di Wilayah Khusus. Mereka mulai menekan Pemerintah jepang secara diplomatik. Portal menuju Dunia lain yang tiba-tiba muncul—sampai kekuatan besar yang sepertinya tak lebih dari sekedar aset untuk menggulingkan tatanan internasional. Tapi, bagi tokoh utama kita, ini adalah kesempatan tak ternilai untuk memperluas pengetahuan, pertemanan, dan pandangan mereka terhadap Dunia.

No Game No Life
Berpusat pada kehidupan Sora dan Shiro, kakak beradik yang memiliki reputasi sebagai gamer NEET (Not in Education, Employment, or Training) atau singkatnya pengangguran penutup diri yang cerdas yang telah melahirkan mitos di seluruh Internet. Kedua gamer ini bahkan menganggap dunia nyata sebagai "game memuakkan." Suatu hari, mereka dipanggil oleh seorang anak bernama "Tet" ke dunia alternatif, Tet yang ternyata dia adalah Dewa di dunia tersebut. Di sana, Dia melarang peperangan dan menyatakan kalau ini adalah dunia di mana "segalanya ditentukan oleh permainan". Umat manusia didorong kembali ke kota yang tersisa dengan ras-ras lainnya. Akankah Sora dan Shiro, kakak beradik yang bukan siapa-siapa di dunia itu, menjadi "Penyelamat Kemanusiaan"? Saa, game hajimeose~

Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! (Kono Suba)
Setelah meninggal dengan cara yang memalukan, Kazuma Satou, seorang remaja hikikomori yang menyukai game, bertemu seorang dewi bernama Aqua, yang memberi tawaran untuk lahir kembali di dunia paralel yang seperti di dalam game RPG, dimana dia bisa melakukan petualangan dan bertarung melawan monster. Meskipun ditawari item atau kemampuan yang hebat untuk digunakan dalam dunia baru, Kazuma, karena beberapa provokasi, memilih Aqua untuk menemaninya ke kota Axel. 

Namun, dia segera menyadari bahwa Aqua memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata, hal yang tidak menguntungkan bagi dirinya. Dengan Aqua yang tidak dapat kembali ke dunianya sebelum Raja Iblis terkalahkan, mereka berdua membentuk sebuah tim dan merekrut dua anggota lain; seorang penyihir yang terobsesi dengan ledakan bernama Megumin dan seorang crusader masokis (orang yang suka disiksa / tersiksa) bernama Darkness. 

Karena kemampuan timnya yang tidak berguna, Kazuma menyerah dengan gagasan mengalah Raja Iblis dan berusaha untuk menjalani gaya hidup mewah, namun beberapa permasalahan dalam kehidupannya sehari-hari memaksa ia dan timnya berhadapan dengan para jenderal Raja Iblis.

Animegataris
Cerita berpusat pada Asagaya Minoa yang merupakan murid baru di SMA Sakaneko. Minoa diajak teman kelasnya, Kamiigusa Arisu untuk mendirikan Klub Riset Anime. Minoa yang awam tentang anime, sedikit demi sedikit mulai tertarik dengan anime setelah bertemu dengan teman-temannya yang mencintai anime.

3D Kanojo: Real Girl
Hikari Tsutsui, seorang anak SMA yang suka dengan gadis 2D yang sering dia lihat di anime dan game. Dia tak punya banyak teman, dan terlihat asyik dengan dunianya sendiri. Suatu hari, ketika Tsutsui mendapat tugas membersihkan kolam renang, dia didekati Iroha, "Gadis 3D" yang sangat populer dikalangan anak laki-laki. Kisah keduanya pun dimulai...

Wotaku ni Koi wa Muzukashii
Kisah komedi romantis antara Narumi, seorang wanita pekerja kantoran yang menyembunyikan gaya hidup fujoshi-nya, dan Hirotaka, pria ikemen yang ternyata seorang game otaku. 

Haiyore Nyaruko-san
Pada suatu malam, Yasaka Mahiro tiba-tiba diserang oleh monster, namun dia diselamatkan oleh seorang gadis berambut perak. Gadis itu adalah Nyaruko dari planet Nyarlathotep, seorang agen organisasi perlindungan antar planet yang dikirim untuk melindungi Mahiro yang menjadi sasaran penculikan, maka sejak saat itu, dia tinggal bersama Mahiro di rumahnya.

Million Doll
Million Doll menceritakan mengenai kisah dari Suuko yang mana adalah seorang hikikomori. Grup Local Idol yang dicintainya (Itorio) baru saja memulai karirnya. Dia memiliki sebuah kemampuan untuk membuat idol yang dia sukai menjadi populer berkat kemampuan blogging yang ia miliki. Dia mencoba untuk mempromosikan Itorio di blognya. Namun dia harus bersaing dengan seorang otaku idol lainnya Ryuu-san, dan seorang idol yang disukai Ryuu-san yang bernama Mariko.

Yah, itulah beberapa anime bertema otaku yang berhasil saya rangkum. Cukup sekian dulu dari saya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa.

Referensi:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar